Rabu, 09 November 2011

Cara Menstem Gitar Yang Benar


Menstem gitar termasuk bagian yang penting dalam bermain gitar. Karena apabila kita bermain gitar senar – senar yang satu dengan yang lainnya tidak stem, pasti kedengarannya tidak enak ditelinga dan bisa ditertawakan oleh orang lain. Maka dari itu kita harus belajar menstem gitar. Nih caranya antaralain :
1.         Dengan pendengaran ( feeling )
2.         Dengan  menyamakan senar - senar gitar pada tuts - tuts piano / organ dan alat musik lainnya. mungkin bagi yang baru belajar gitar ( musik ) susah untuk menyamakan suaranya.
Dari cara- cara diatas yang akan kita pergunakan adalah dengan cara pendengaran ( feeling ), karena cara ini lebih mudah dan praktis. Caranya seperti berikut :
a.         Putarlah senar 1 jangan terlalu kencang karena senar no 1 paling lemah dan cepat putus.
b.        Setelah itu, suara yang keluar pada senar 1 ( los senar ) dibunyikan, disamakan dengan senar 2 ditekan pada kolom ke-5, dibunyikan hingga kedua senar itu benar-benar sama. ( artinya : senar 1 ( los senar ) dibunyikan, suaranya sama dengan suara senar 2 ditekan pada kolomke-5 dibunyikan).
c.         Senar 2 ( los senar ) dibunyikan disamakan dengan senar 3 ditekan pada kolom ke-4 dibunyikan.
d.        Senar 3 ( los senar ) dibunyikan disamakan dengan senar 4 ditekan pada kolom ke-5 dibunyikan.
e.        Senar 4 ( los senar ) dibunyikan disamakan dengan senar 5 ditekan pada kolom ke-5 dibunyikan.
f.          Senar 5 ( los senar ) dibunyikan disamakan dengan senar 6 ditekan pada kolom ke-5 dibunyikan.
Setelah selesai coba dimainkan pada sebuah chord. Misalnya kunci A, C, D dll. Jika dimainkan ada yang kurang enak didengar berarti diantara senar-senar tersebut belum benar stemnya maka harus disamakan lagi hingga enak didengarkan.
“ Belajar menstem gitar sebenarnya baik karena dapat melatih feeling kita “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar